Jumat, 03 Juni 2016

TIPS MENGHAFAL MATERI PELAJARAN

Tips dan cara mengahafal suatu materi pelajaran akan diperlukan oleh siswa-siswi jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Terlebih lagi untuk materi-materi pelajaran yang banyak konten tulisannya. Misalnya, pelajaran biologi, sejarah, PPKN, dan lain-lain. Karakter siswa berbeda-beda dalam proses pencarian ilmu pengetahuan. Ada yang menyukai metode hafalan. Di sisi lain, ada yang menyukai metode logika. Biasanya anak-anak yang logikanya kuat akan malas untuk menghafal dan sebaliknya.

Tanpa dipungkiri lagi bahwa metode belajar yang diterapkan siswa -siswi jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK  atau bahkan mahasiswa di Perguruan Tinggi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan banyak yang menempuh dengan metode menghafal. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah belajar dan hasil belajar itu bukan hanya bicara pada seberapa banyak ilmu pengetahuan yang berhasil diserap oleh siswa-siswi jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Ada hal lain yang lebih penting. Yaitu tentang proses belajar mendapatkan suatu ilmu pengetahuan itu sendiri. Dalam proses belajar itu banyak hal-hal yang bisa dipelajari oleh siswa. Selain itu, potensi-potensi yang dimiliki siswa juga bisa diketahui dan dikembangkan menjadi lebih baik. Jadi, dalam proses belajar itu jangan sampai melupakan proses belajar yang menyertai. Jangan hanya terpaku pada hasil.



Tentunya, hasil belajar juga penting di mana digunakan sebagai salah satu indikator penilaian. Prestasi dan keberhasilan siswa dalam belajar juga ditentukan oleh hasil belajar siswa yang diakumulasikan dalam suatu nilai kuantitatif atau kualitatif. Akan tetapi, tidak sedikit siswa-siswi yang terjebak pada hal ini. Siswa-siswi terlalu mementingkan hasil penilaian proses belajar tersebut. Tidak heran jika siswa-siswi kita akan menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus. Bisa dengan mencontek, kerjasama dengan teman-teman dan cara-cara yang kurang santun lainnya. Kondisi ini bukan mencerminkan adanya tanda-tanda keberhasilan dalam proses pendidikan di Negara Indonesia tercinta ini.

Untuk mendapatkan nilai yang bagus, siswa-siswi kita juga banyak yang menggunakan metode menghafal materi pelajaran. Tidak jarang yang menggunakan sistem SKS (sistem kebut semalam). Terkadang ada yang tidurnya sampai larut malam ketika besoknya mau ada ulangan. Ini ada yang keliru dengan sistem pendidikan di Negara ini. Seharusnya pelajaran ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum dihafal. Berikut ini kami mencoba untuk membrikan tips-tips cara menghafal pelajaran.

Pahami dulu materinya…

Memahami materi pelajaran sangat penting dilakukan. Bagaimana cara memahami pelajaran???. Masing-masing pribadi memang diberi kemampuan menyerap informasi yang berbeda-beda. Ada yang cepet ada yang sedang ada juga yang lambat. Untuk siswa-siswi yang kemampuan menyerap informasinya dalam level sedang dan lambat sangat disarankan untuk membaca dan mencoba memahami materi sebelum pelajaran dimulai. Misalnya ada pelajaran biologi pada hari selasa. Maka pada senin malam, siswa-siswi tersebut harus membaca dan mencoba memahami materi-materi yang akan diajarkan besoknya. Jika ada beberapa hal yang belum dipahami maka bisa ditanyakan ke guru waktu pelajaran berlangsung di sekolah. Selain itu, juga bisa tanya kepada siswa yang sudah paham. Ini memang trik yang kelihatannya spele tetapi jika diabaikan dapat menyebabkan menurunnya penguasaan materi pelajaran siswa.

Kalau sudah paham materi tentunya akan mempermudah untuk menghafal


Ada beberapa cara untuk menghafal agar hafalan lebih kuat dan tahan lama. Misalnya, kalau pada pelajaran kimia dalam menghafalkan unsur-unsur pada masing-masing golongan, bisa menggunakan singkatan-singkatan tertentu. Dalam pelajaran fisika juga demikian, yang biasanya untuk menghafalkan rumus-rumus. Sangat penting juga diterapkan pada pelajaran biologi karena materi-materi di biologi ini biasanya sangat banyak kandungan teksnya sehingga perlu dirangkum dan dihafalkan.

0 komentar:

Posting Komentar