Rabu, 09 Desember 2015

Metode Pengajaran Les Privat Kimia untuk Persiapan UAN

Nilai Ujian Akhir Nasioanal (UAN) masih menjadi persyaratan yang digunakan untuk kelulusan siswa SD, SMP, dan SMA. Perhatian pihak sekolah, orang tua siswa, dan siswa terfokuskan pada pencapaian nilai UAN. Semakin tinggi nilai UAN akan mempermudah siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, bagi orang tua yang merasa kurang puas dengan cara belajar dan hasil ujian siswa di sekolah akan mencarikan les tambahan di luar sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan nilai UAN tersebut. Kebanyakan orang tua siswa atau siswa akan memilih les privat karena demi alasan efesiensi dan efektifitas dalam proses pendambingan bimbingan belajar.

Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk dalam UAN di SMA. Siswa jurusan IPA akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan skor atau nilai UAN kimia setinggi-tingginya. Ada beberapa trik untuk meningkatkan nilai UAN Kimia.

Pertama. Siswa harus tidak hanya memahami bahkan sudah hafal di luar kepala tentang kisi-kisi UAN Kimia SMA. Dari tahun ke tahun kisi-kisi mata pelajaran kimia hampir sama.

Kedua. Review materi-materi kimia dari kelas 1 sampai kelas 3 berdasarkan kisi-kisi yang sudah ada. Siswa bisa membeli buku panduan UAN khusus Kimia untuk memperdalam materi kimia yang di UANkan. Kemudian siswa bisa menglist materi-materi yang sekiranya masih belum terlalu dikuasai. Apabila siswa terlalu susah untuk memahami konsep materi maka siswa bisa membaca kembali secara pelan-pelan materi pelajaran yang bisa dicari dari buku-buku paket.

Ketiga. Perbanyak soal-soal latihan merupakan kunci keberhasilan UAN kimia. Hal tersebut dikarenakan pola, bentuk, jenis, dan model-model soal kimia yang diUANkan hampir sama. Dengan memperbanyak soal latihan maka secara tidak langsung siswa sudah melakukan review materi dan mengingat-ingat jenis soal yang dikeluarkan untuk setiap kisi-kisi soal. Yang menjadi catatan adalah tidak semua jenis soal dalam masing-masing bab itu dikeluarkan untuk UAN. Semakin sering siswa melakukan latihan soal-soal maka siswa akan menemukan jenis-jenis soal yang dikeluarkan di UAN.

Keempat. Ketika ketiga cara tersebut agak susah untuk dilakukan siswa secara mandiri maka siswa perlu mendatangkan tentor untuk membimbing siswa demi keberhasilan dalam UAN. Caranya siswa bisa bergabung dengan les privat.

Kelima. Setelah berusaha maka doa sebagai pemungkasnya. Siswa harus rajin berdoa agar selalu diberikan kemudahan dalam belajar untuk persiapan UAN dan diberikan kelancaran dalam mengerjakan soal UAN kimia pada hari H.


<<<Baca Juga>>>

0 komentar:

Posting Komentar