Kamis, 31 Maret 2016

Ternyata belum tahu inti setiap SKL

Persiapan UN harus dilakukan dengan baik. Mengingat pentingnya mendapatkan nilai yang memuaskan dari jenis Ujian  satu ini. Banyak siswa SD, SMP, dan SMA berlomba-lomba untuk memaksimalkan persiapan ujian tersebut. Dalah satu caranya adalah dengan mendaftarkan dan bergabung dengan lembaga bimbingan belajar baik yang sistem kelas maupun privat (tentor datang ke rumah siswa).

Dalam kesempatan ini, penulis akan sampaikan cerita atau pengalaman yang penulis alami ketika mengajar privat SMA untuk mata pelajaran kimia persiapan UAN. Ada salah satu siswa SMA di Malang yang bergabung dengan Les Privat Malang “BEST CHOICE”. Siswa ini juga sudah bergabung dengan salah satu bimbingan belajar di kota Malang. Akan tetapi, dia juga bergabung dengan BEST CHOICE.

Ada hal menarik yang perlu dicermati. Ternyata siswa ini sudah bergabung dengan lembaga bimbingan belajar sudah dari semester ganjil yang memang fokus diarahkan untuk persiapan UN. Seharusnya persiapan akan lebih matang karena waktu persiapannya sangat banyak. Akan tetapi, setelah penulis mengajar siswa ini, ternyata kemampuan siswa masih kurang matang baik dalam memahami materi maupun mengerjakan soal—soal UN.


Keadaan di atas bisa jadi disebabkan karena siswa belum memahami maksud dari SKL (Standar kompetensi lulusan) dari setiap pelajaran yang di UN kan. Kenapa memahami kisi-kisi dari SKL menjadi penting ??? Hal ini disebabkan SKL merupakan bentuk rangkuman materi yang harus dikuasai oleh siswa. Bisa dikatakan penjabaran dari setiap bab-bab mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA. Jika siswa bisa menguasai maksud SKL dari setiap pelajaran yang di UN kan maka siswa akan mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap bab-bab/materi yang ada dalam UN.

0 komentar:

Posting Komentar