Jumat, 09 November 2018

5 Tips Belajar Musik Dasar Yang Penting Diperhatikan Oleh Pemula Agar Bisa Mahir



Tips belajar musik dasar adalah ilmu yang pertama kali wajib diketahui oleh para pemula ketika baru mulai bermusik. Selama ini, ada pemahaman yang salah kaprah tentang bermain musik namun masih saja dipercayai oleh segelintir orang.
Pemahaman itu adalah “ Bakat bermain musik merupakan faktor keturunan dan sangat sulit dipelajari oleh orang-orang yang tidak memiliki bakat tersebut ”. Apakah ini benar? Jelas-jelas sangat salah dan harus dibuang jauh-jauh.
Faktanya, kesalahan-kesalahan saat mulai belajar bermusik adalah penyebab kegagalannya. Kesalahan ini jarang disadari oleh pemula, dan mereka yang gagal lebih memilih untuk menyalahkan bakat.
Bagi kalian yang ingin mahir bermusik, maka silahkan disimak beberap tips belajar musik dasar yang sangat penting untuk diperhatikan berikut ini.

1.        Fokus satu alat musik dahulu
Kesalahan pertama yang masih banyak dilakukan oleh pemula adalah ingin bisa menguasai berbagai macam alat musik sekaligus. Metode ini jelas kurang efektif, karena bisa memecah pikiran kita. Misalnya kita sudah mau bisa bermain gitar, namun besoknya kita justru belajar piano. Akibatnya, ilmu gitar sudah lupa dan piano semakin bingung.
Solusinya, di awal-awal belajar bermusik silahkan pilih satu alat musik yang ingin kamu kuasai terlebih dahulu. Kalau sudah mahir, boleh pindah mempelajari alat musik yang lain.

2.       Mantapkan niat
Tips belajar musik dasar yang selanjutnya adalah memantapkan niat. Banyak orang yang mengatakan, apabila niat adalah motivasi kuat dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu perbuatan dengan sebaik mungkin.
Ketika kita sudah memiliki niat yang kuat untuk bermusik, maka tidak akan mudah menyerah saat mengalami kesulitasn. Selalu saja ada dorongan untuk terus belajar sampai benar-benar mahir.

3.       Kunjungi situs-situs belajar musik
Di era zaman now seperti sekarang ini, kita bisa menemukan semua informasi yang dibutuhkan di internet. Ada banyak sekali website atau blog yang membagikan tutorial belajar alat musik tertentu. Mulai dari gitar, piano, harmonika, dan lain sebagainya. Silahkan search sendiri di Google.
Kalau kalian malas membaca, silahkan buka YouTube saja. Ada banyak video tutorial belajar musik yang mudah dicerna dan dipahami. Kurang enak bagaimana coba?

4.       Minta bantuan teman
Walaupun tutorial bermain alat musik sudah ada di internet, namun keberadaan seorang mentor juga sangat penting apabila kamu ingin bisa mahir bermusik lebih cepat. Namanya saja belajar, pasti akan ada kesulitan-kesulitan yang ditemui.
Oleh karena itu, kalian bisa meminta tolong kepada teman yang sudah jago bermusik. Jangan sungkan untuk bertanya, apabila kamu mengalami kesulitan.
Lantas, bagaimana jika tidak ada teman yang jago musik? Tidak perlu khawatir, karena kalian bisa pergi ke les privat musik. Dengan didampingi tenaga profesional, proses belajar bisa lebih terarah dan berjalan lancar.

5.       Konsisten dan sabar
Tips belajar musik dasar yang terakhir adalah bersabar dan konsisten. Kedua hal ini adalah kunci utama yang akan membawa kamu menggapai semua keinginanmu, begitu pula ketika ingin mahir bermusik.
Belajar tidak ada yang instan, semua membutuhkan proses yang cukup panjang agar skill kamu benar-benar matang. Nikmati setiap proses yang ada, terus jaga konsisten untuk berlatih dan belajar.
Poin ini juga berhubungan erat dengan poin kedua, yaitu soal kemantapan niat kamu dalam bermusik. Jika niat sudah mantap, maka secara otomatis kalian bisa konsisten dan sabar.
Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 tips belajar musik dasar yang penting untuk diperhatikan. Semoga bisa membantu kalian dalam mempelajari alat musik yang diinginkan.
Bermusik adalah salah satu hobi yang menyenangkan, karena bisa menjernihkan pikiran dan menenangkan suasana hati yang sedang buruk. Jadi, terus semangat ya dalam belajar musik.  

0 komentar:

Posting Komentar