Minggu, 20 Maret 2016

Les privat malang | Sebuah Kisah Cara Belajar Persiapan UAN SMA Anak Desa

        Rudin merupakan siswa kelas 3 di salah satu SMA dari sebuah desa di Jawa Timur.  Rudin mempunyai waktu sekitar 3 bulanan untuk mempersiapan UAN SMA. Rudin tahu bahwa ia tidak mempunyai banyak waktu untuk main-main karena waktu yang tersisa harus digunakan untuk persiapan UAN. Rudin memulai dengan mengatur waktu belajar. Ada 6 pelajaran yang harus dipelajari, yaitu: Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Setelah ia identifikasi, ternyata ia mengalami kesulitan di pelajaran Kimia, Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris.

Apa yang akan dilakukan Rudin kawan-kawan???
Apakah Rudin akan mencari guru les privat di desanya???
Apakah Rudin akan mendaftar di lembaga bimbingan belajar di desanya???

Ok ini dia jawabanya…

      Jika Rudin hidup di kota besar seperti Malang, Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan kota-kota lain, mungkin Rudin akan mencari informasi Lembaga Les privat yang guru privatnya bisa dipanggil ke rumah. Tapi yang perlu diingat kawan, Rudin adalah anak desa. Ya gak mungkin lah di desa ada lembaga les privat. Heheh. Selain itu, Ya gak mungkin lah, Rudin ini kan anak desa. Orang tuanya saja bekerja sebagai petani dengan pendapatan yang pas-pasan dan kadang tidak menentu. Sedangkan biaya les privat itu kan mahal. Hehe…jauh-jauh lebih mahal daripada biaya sekolahnya….

Apakah Rudin akan daftar di lembaga bimbingin belajar dengan sistem kelas??? Jawabannya pasti tahulah. Di desanya Rudin tidak ada lembaga bimbingan belajar yang memang dikelola secara profesional seperti PRIMAGAMA atau GANESHA OPERATION.

Jadi apa yang dilakukan Rudin ya kawan ????

Ini dia tahapan demi tahapan yang dilakukan Rudin


  1. Setiap hari, Rudin belajar buat persiapan UAN. Rudin membuat jadwal tentang pelajaran yang harus dipelajari setiap harinya.
  2. Dengan hanya bermodalkan SATU buah buku panduan UAN untuk pelajaran Kimia, Fisika, Matematika, Bahasa Inggris), Rudin mempelajarinya dengan serius dan kontinu. Di dalam buku tersebut juga ada rangkuman materi. Rudin memahami konsep materi tersebut dan mengahafalkan rumus-rumus yang diperlukan.
  3. Setelah konsep dan materi pelajaran dikuasai sama Rudin, Ia melanjutkan ke latihan soal-soal yang ada pada buku panduan UAN.
  4. Soal-soal latihan dikerjakan semua sama Rudin.
  5. Soal-soal yang tidak bisa Rudin kerjakan dikumpulkan dan ditanyakan sama temen di kelasnya atau ditanyakan ke gurunya.
  6. Setelah Rudin tahu bagaimana cara mengerjakan soal-soal yang sulit tersebut, Rudin benar-benar mengingatnya dan diulang-ulang terus sampai hafal bagaimana cara menyelesaikan soal-soal yang Rudin mengalami kesulitan dalam penyelesainnya.
  7. Selain itu, Rudin juga tidak lupa untuk selalu berdoa agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal UAN SMA.


Begitulah kawan perjuangan si Rudin anak SD yang ingin sukses dalam ujian UAN. Pastinya Rudin ingin mendapatkan nilai terbaik dalam ujian UAN. Pastinya Rudin ingin membuat guru Rudin bangga. Pastinya Rudin ingin membuat orang tua Rudin bangga dengan hasil kerja kerasnya selama ini.


Mudah-mudahan Rudin bisa terwujud semua keinginan Rudin…..Amiin

0 komentar:

Posting Komentar