Selasa, 19 April 2016

LES PRIVAT MALANG | GURU LES PRIVAT MEMANG HARUS TELATEN

Faktor penentu keberhasilan les privat (guru privat datang ke rumah siswa) adalah kualitas dari pengajarnya. Berbicara kualitas ini banyak macamnya. Seorang guru privat/tutor/tentor harus mempunyai kompetensi dalam bidang pelajaran yang diampu. Jika anda menjadi guru privat/tentor/tutor SD/MI, maka anda harus menguasai pelajaran-pelajaran yang diajarkan di SD/MI begitu juga untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

Kualitas seaorang tutor/tentor/guru privat juga bisa dilihat dari seberapa telaten/sabar dalam membimbing belajar siswa. Motivasi siswa dalam bergabung dengan les privat bermacam-macam. Ada yang memang atas kemauan siswa sendiri, misalnya; anak-anak SMA/MA/SMK. Ada yang memang atas dorongan orang tua siswa; misalnya anak-anak SD/MI dan SMP/MTs. Selain itu, tujuan siswa ikut les privat juga bermacam-macam. Secara umum dibagi menjadi dua. Pertama, adalah siswa memang benar-benar dibimbing dari awal. Ketika di sekolah siswa belum bisa menangkapa penjelasan yang disampaikan di sekolah. Oleh karenanya siswa bergabung dengan les privat dengan harapan guru privat bisa menjelaskan dengan sejelas-jelasnya ke siswa.


Menyikapi siswa-siswi yang mungkin agak lambat dalam proses pemahaman materi pelajaran, tentor harus selalau bersabar dan telaten. Kadang penjelasan tidak cukup satu, dua, atau tiga kali sampai siswa benar-benar paham akan materi yang diajarakan, selain itu, juga latihan soal harus selalu diperbanyak. Dilatih terus sampai siswa benar-benar menguasai materi pelajaran yang sedang dipelajari. 

0 komentar:

Posting Komentar