Rabu, 02 Maret 2016

Les Privat Malang | Mau Lulus? Ini Tip Ujian Nasional 2016


Butuh persiapan dan perencanaan untuk dapat menyelesaikan soal ujian dengan tepat dalam waktu yang sudah ditentukan. Berikut ini yang bisa siswa terapkan dalam menghadapi UN 2016.


1. Jadwal
Jadwal belajar adalah elemen paling penting agar berhasil menghadapi ujian. Bila Anda adalah siswa yang baik tapi tidak memiliki jadwal belajar yang baik untuk persiapan ujian, Anda tak dapat melakukan yang terbaik saat ujian. Karena itu, pastikan memiliki jadwal belajar yang baik.



2. Suasana tenang
Usahakan belajar di tempat yang tenang dan cocok untuk belajar. Bila Anda belajar di lokasi yang tenang, Anda bisa berkonsentrasi penuh. Dengan demikian, apa yang dipelajari bisa dengan cepat terserap dan Anda tak akan mudah lupa.



3. Waktu seimbang
Ada beberapa mata pelajaran yang diuji saat menghadapi ujian, termasuk ketika ujian nasional 2016. Bijaklah mengatur waktu dan perhatian untuk semua pelajaran yang diujikan. Sebab, bila hanya berfokus pada satu atau dua pelajaran, Anda akan keteteran menghadapi ujian pelajaran lainnya. Berikan perhatian yang merata untuk semua mata pelajaran.



4. Buat catatan
Buat catatan ketika belajar. Hal ini berlaku untuk semua pelajaran yang Anda pelajari. Catat hal-hal penting yang menurut Anda akan diuji saat tes. Alangkah baiknya bila Anda bisa membuat cara singkat untuk mengingat pelajaran yang Anda pelajari, sehingga mudah diingat.



5. Latihan
Latihan contoh soal sangat penting agar Anda mengetahui kemampuan diri dalam menyelesaikan suatu tes. Dari latihan mengerjakan soal juga bisa diketahui kelemahan, sehingga Anda bisa memperbaiki kekurangan sebelum ujian berlangsung.



6. Jangan belajar menjelang waktu ujian 
Sebaiknya Anda tak lagi belajar ketika jam ujian akan mulai. Ini akan membuat pikiran Anda tak fokus. Sebaiknya belajarlah sebelum ujian, bukan saat hari ujian. Disarankan Anda santai saat hari ujian, tertawa dan berbincang dengan teman-teman sehingga Anda tidak stres.



7. Tarik napas
Sebelum mengerjakan soal, tarik napas dalam-dalam. Ini membuat detak jantung normal dan Anda lebih tenang menghadapi soal ujian. Dengan demikian, Anda bisa menulis semua yang Anda ketahui saat menjawab soal ujian.



8. Jawaban
Saat mengerjakan soal ujian, buatlah jawaban yang singkat dan tepat serta padat. Anda bisa membuat poin-poin dari jawaban dan menjelaskan setiap poin secara singkat dan padat. Hal ini perlu untuk soal yang memerlukan jawaban berupa penjelasan.



Lembar jawaban yang menarik, tersusun, akan membuat penguji merasa senang saat memeriksa jawaban Anda.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar