Rabu, 27 Januari 2016

Transfer Ilmu kepada Anak Didik

Les Privat SD Malang | Ada bermacam-macam istilah dalam hal mentransfer ilmu kepada anak didik. Ada yang disebut dengan mengajar, ada yang disebut dengan mendidik. Mendidik seharusnya lebih diutamakan karena tidak hanya mentransfer ilmu, tetapi juga mengajari anak didik seperti berdoa sebelum memulai pelajaran, mendidik mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Menanyakan hal-hal sepele tetapi sangat berguna, seperti bertanya pada siswa apakah sudah melaksanakan sholat, sebelum berangkat les?. Jika siswa tersebut muslim. Apakah sudah berpamitan dengan orangtua sebelum berangkat menuju ke tempat les. Dan juga mendidik mereka untuk membuang sampah pada tempatnya.

Les Privat SD Malang | Bukan hanya Kecerdasan intelegensi atau yang biasa disebut dengan IQ saja yang mempengaruhi kesuksesan seorang anak. Tetapi kecerdasan emosional yang meliputi kecakapan pribadi dan kecakapan sosial, kecerdasan spiritual juga mempengaruhi kesuksesan seorang anak.

Les Privat SD Malang | Wajar jika seorang anak yang masih dalam dunia bermain masih sulit untuk dikendalikan saat belajar, mereka masih mau belajar dengan bermain. Hal tersebut termasuk wajar asalkan tutor tau batasan waktu kapan dia harus bermain dan belajar, kapan harus fokus belajar, dan kapan anak tersebut membutuhkan metode lain dalam pembelajaran untuk mengatasi kebosanan.


Les Privat SD Malang | Untuk anak Sekolah Dasar sekarang mata pelajaran tematik yang lebih banyak cerita dan menggabungkan mata pelajaran, terlihat cukup mudah diterima untuk anak saat ini. Alangkah lebih baik jika ditambahi dengan menghitung perkalian atau bahasa asing, jangan terlalu dipaksakan. Hanya mengikuti alur anak tersebut, serta kemampuan dan kapasitas anak tersebut.

By

Rosida (Tentor Best Choice)

0 komentar:

Posting Komentar