Kamis, 14 Januari 2016

Menjadi Tutor Best Choice

Menjadi tutor di bimbingan belajar dan les privat Best Choice membawa manfaat baik untuk Guru Les Privat Malang Best Choice, murid, dan juga best Choice sendiri yang telah mewadahi tenaga pengajar atau tutor. Penulis sedang fokus untuk mengajar siswa SD atau MI untuk seluruh mata pelajaran. Siswa atau orang tua siswa dapat memilih mata pelajaran apa yang ingin didalami melalui les privat atas bimbingan Guru Les Privat Malang Best Choice. Oleh karena siswa SD masih mempunyai sifat yang natural yaitu kanak-kanak, maka untuk melakukan les privat ini, Guru Les Privat Malang Best Choice akan menerapkan metode-metode pembelajran kepada murid yang sesuai dengan usia mereka.
Yang pertama kali harus Guru Les Privat Malang Best Choice lakukan adalah pengenalan materi, yaitu dengan memberitahu judul materi kemudian menanyakan kepadanya (murid) mengenai pengetahuan yang mereka miliki tentang judul materi tersebut. Kedua, Guru Les Privat Malang Best Choice akan menjelaskan lebih lanjut mengenai judul materi yang sesungguhnya, dilanjutkan dengan menjelaskan mengenai isi dari materi tersebut. Karena materi untuk siswa SD masih sederhana maka Guru Les Privat Malang Best Choice  akan menyampaikan materi tersebut dengan cukup padat, yaitu langsung pada intinya. Agar murid terlatih untuk berfikir dengan cekatan atau lebih cepat. Namun demikian penjelasan atas materi tersebut harus Guru Les Privat Malang Best Choice sampaikan dengan lengkap dan sejelas-jelasnya hingga mereka memahami isi materi dengan baik. Tidak lupa dengan memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan isi materi, dimana contoh tersebut masih dalam konteks kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari. Sehingga murid akan lebih mudah menangkap, jadi tidak melulu menghafal melainkan memahami. Di sela-sela penyampaian tersebut, Guru Les Privat Malang Best Choice akan selalu bertanya kepada mereka apakah mereka sudah memahami betul atas apa yang sudah Guru Les Privat Malang Best Choice jelaskan sebelumnya. Jika belum paham, Guru Les Privat Malang Best Choice akan mengulanginya dengan cara yang lebih sederhana lagi, yang dapat mereka terima.
Ketiga adalah latihan soal. Disini Guru Les Privat Malang Best Choice akan memberikan beberapa soal yang berhubungan dengan materi yang saya sampaikan. Mulai dari soal objektif (pilihan ganda) hingga soal subjektif (esai). Murid harus menjawab semua soal sesuai dengan pemahaman mereka, jadi Guru Les Privat Malang Best Choice hanya akan mengarahkan mereka agar memahami maksud dari soal tersebut agar mereka dapat menjawabnya. Jadi teknik untuk menjawab soal adalah memahami soalnya terlebih dahulu kemudian menjawabnya dengan pemahaman dan pengetahuan yang mereka miliki.
Untuk yang terakhir adalah pemberian nilai yang Guru Les Privat Malang Best Choice simbolkan dengan bintang. Tingginya nilai yang mereka peroleh tergantung dari pemahaman mereka mengenai materi serta jumlah soal yang dapat dijawab. Namun karena mereka masih kecil dan memiliki sifat cukup sensitif, maka standar terendah bintang akan saya berikan dibawah standar tertinggi, agar mereka tidak bersedih hati. Selain itu Guru Les Privat Malang Best Choice juga akan memberikan kata-kata di samping bintang tersebut mengenai prestasinya juga motivasi agar mereka lebih semangat belajar dan tidak bosan untuk memperbaikinya.

Karena usia mereka yang kekanak-kanakan, maka dalam melewati tahap-tahap dari metode pembelajaran ini akan Guru Les Privat Malang Best Choice lakukan dengan friendly (ramah), tidak memaksa, tidak membentak namun lebih kepada membujuk, merayu dan menggoda. Intinya adalah harus dilandasi oleh ketelatenan dan keikhlasan, agar mereka memahaminya dengan rasa bahagia bukan dengan tekanan.

0 komentar:

Posting Komentar