Rabu, 09 Desember 2015

Les Privat Malang | Korelasi Strategi dan Metode Pembelajaran

Les Privat Malang | Pada proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru, guru dituntut untuk membuat siswa paham terhadap apa yang dipelajarinya , dalam hal ini guru bisa dikategorikan berhasil pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tapi perlu dicatat bahwa untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, seorang guru harus mempunyai pedoman strategi atau cara bagaimana siswa itu paham ketika pembelajaran berlangsung, karena tanpa sebuah cara atau straegi, maka guru akan merasa kesulitan dalam memahamkan siswa pada mata pelajaran yang dibelajarkan, salah satu strategi yang menurut saya pantas untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu strategi pembelajaran inkuiri

Les Privat Malang | Strategi pembelajaran inkuiri merupakan sebuah strategi pembelajaran yang menuntut peserta didik berpikir kritis, logis dan analitis. Dimana dalam proses pembelajaran inkuiri melibatkan aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari setiap permasalahan yang dihadapinya terutama pada saat poses pembelajaran berlangsung. Artinya pembelajaran inkuiri menginginkan guru hanya sebagai fasilitator dan siswa sebagai subyek belajar.

Les Privat Malang | Pembelajaran inkuiri sangat memanfaatkan dan melatih kemampuan yang dimiliki siswa dalam bentuk aktivitas maksimal seorang siswa dalam mencari dan menemukan jawaban dari setiap masalah, dengan seperti itu, siswa akan terlatih bagaimana berpikir kritis, logis dan analitis. Dan strategi ini pantas untuk diterapkan pada siswa terutama Sd, Karena dalam strategi ini, guru melatih bagaimana siswa tersebut tidak manja ketika berhadapan dengan masalah pelajaran khsusnya, karena pada strategi ini, siswa harus mencari dan meneukan jawaban sendiri dan guru hanya sebagai fasilitator.

Les Privat Malang | Kemudian akan lebih afdhal jika strategi pembelajaran didukung dengan pemanfaatan metode pembelajaran. Metode itu sendiri adalah cara atau jalan yang digunakan dalam mencapai sebuah tujuan yang diharapkan oleh seorang guru atau pendidik, terdapat beberapa penggunaan metode yang searah dengan strategi pembelajaran inkuiri, seperti Ceramah, diskusi tanya jawab.

Ceramah
Adalah penyampaian materi yang di lakukan oleh seorang guru dengan cara verbalis, ceramah merupakan metode yang poinnya adalah persoalan penyampaian materi hanya sebatas kata-kata sebagaimana orang ceramah.

Diskusi
Adalah sikap seorang guru yang memposisikan dirinya sebagai fasilitator, artinya setelah guru menyampaikan pengantar materi kepada siswa,  jika terdapat sebuah permasalahan, maka siswa memecahkan bersama dengan berdiskusi sesama teman kelompoknya, bagaimana cara memecahkan permasalahan yang menjadi topik pembahasan.

Tanya jawab
Adalah kegiatan dan sikap seorang guru untuk melakukan interaksi intelek dan inteligen dengan siswa yang tidak lain bertujuan untuk lebih mendalami sebuah bahan atau materi bahkan permasalahan yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran berlangsung

Les Privat Malang | Inilah deskripsi tertinggi terkait dengan penggunaan metode yang searah dengan strategi pembelajaran inkuiri yang sifatnya empiris dalam pembelajaran.  Ketiga metode tersebut mengarahkan siswa bagaimana untuk belajar berpikir kritis, logis dan analitis dalam mecari dan menemukan apa yang dicari.

By

Siti (Tentor SD Best Choice)

0 komentar:

Posting Komentar